Buka Bersama Dan Reuni Jatijajar I dan Jatijajar II

 

Ada yang berbeda dalam acara buka bersama yang rutin diadakan oleh RT 005 Rw 014 Perumahan Jatijajar. Buka bersama yang diadakan Sabtu Sore, 11 Agustus 2012 di Pos 400 kali ini,  seperti mempertemukan sebuah keluarga yang terpisah meskipun jaraknya masih tak terlampau jauh. Pak Indra, Pak Tony, dan mas Popo yang tahun ini sudah pindah ke Perumahan Pesona Khayangan Mungil menambah suasana lebih hidup dan seolah bertemu kembali dalam satu ikatan keluarga Rt 005. Suasana berbuka nyata betul manfaatnya, sanggup menyambung tali silaturahmi di tengah-tengah kesibukan ibadah dan mempersiapkan lebaran maupun pulang kampung.

Acara ini seperti biasa dibidani oleh Tim Pengurus RT, dan Pak Akmal sebagai pembawa acara begitu sigap memimpin acara demi acara . Diawali dengan sambutan dan sepatah kata dari Pak Irawan sebagai ketua RT. Salah satu isi sambutannya adalah menghimbau untuk para warga yang akan mudik agar mengisi form yang diedarkan untuk kepentingan keamanan selama rumah dan assetnya ditinggal mudik. Ini akan memudahkan petugas membantu warga dan memberi rasa nyaman saat perjalanan mudik. Juga informasi tentang pintu akses keluar komplek, yang menembus wilayah RW 008. akan ada penutupan sementara sampai saatnya warga kembali dari acara mudik.

Dan tak kalah khidmadnya saat semua warga mendengar tausiah dari Ustadz Muzaik. Tausiah yang mengambil tema “Hikmah Ramadhan” ini memaparkan betapa Ramadhan memberi manfaat dan hikmah yang luar biasa. Di antaranya mengajarkan nilai-nilai kebersamaan, jujur,sabar, disiplin. Dan ditekankan pula bahwa sebagai manusia itu yang dinilai adalah seberapa besar manfaatnya bagi sesama, karena Rasulullah pernah bersabda “Khairunnass  anfauhum linnaas” yang artinya, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama atau lingkungan di mana dia hidup.

Meskipun jumlah kehadiran semakin surut, namun kita berharap tidak menyurutkan semangat kita untuk selalu bersilaturahmi. Begitulah pesan Pak RT, bahwa kita tetap bersyukur acara ini selalu bisa kita adakan di setiap tahun sejak tahun 2005, atau sekitar tujuh atau delapan Ramadhan rutin diadakan. Semoga kita selalu bisa memelihara kebersamaan warga dalam event-event buka bersama di tahun-tahun mendatang.

Akhirnya tibalah saatnya buka bersama dengan menu yang disediakan oleh ibu-ibu yang selalu rajin menyiapkan hidangan apapun acaranya. Ada yang membawa gorengan, sop buah, bakso, sate ayam, es mambo, tahu mercon, hot melotot, lempok, tongseng, dan banyak sekali makanan yang sangat mengundang selera. Makanya, bisa dilihat di foto, hidangan sukses dilahap sampai ludes. Alhamdulillah , semoga menjadi keberkahan bagi semua.

 

Selepas berbuka dilanjutkan dengan sholat Magrib berjamaah diimami oleh ustadz Muzaik. Dilanjutkan makan tahab dua, ramah-tamah, ngobrol kangen-kangenan dan juga sebagian pengurus RT ada yang mempersiapkan dana THR sebagaimana yang dilakukan cak Narto yang selalu rajin mengelola dan mengumpulkan dana THR bagi para security dan petugas kebersihan lingkungan.

Menjelang jam 7 malam satu demi satu berpisah dan bersiap-siap untuk sholat taraweh di masjid. Akhirnya usai sudah buka bersama RT 005/014 di tahun 1433H ini. Semoga Allah Swt. mempertemukan kembali Ramadhan yang akan datang. Amin.

 

2 responses to “Buka Bersama Dan Reuni Jatijajar I dan Jatijajar II

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s