Aspirasi Warga

Halaman ini kami sediakan untuk anda warga Rt 05 Rw 14, yang mana jika memiliki ide, usulan, saran atau apapun yang menyangkut lingkungan RT 05, anda bisa curahkan dengan menuliskannya di Halaman Aspirasi Warga ini. Sebisa mungkin para pengurus akan memberikan follow up atau pemecahan setiap masalah dengan prinsip keadilan bagi semua pihak. Jika saran-saran dari Bapak dan Ibu sekalian berpotensi untuk membangun perbaikan dari kinerja kami, tentu saja akan kami pakai.

Sekali lagi, kita akan berusaha menjadikan wadah Rt sebagai media untuk memupuk kebersamaan kita. Dan Blog ini kami harapkan bisa menjembatani itu dan memperlancar komunikasi di dunia maya, karena kita semua tahu, kesibukan urusan kita membuat pertemuan-pertemuan secara langsung tidak bisa dilakukan secara intens. Terima kasih.

 

 

 

21 responses to “Aspirasi Warga

  1. FYI : SIAP2 yaa…tgl. 1 Juni 2008 jam 07.00 s/d selesai…Insya allah Bidang lingkungan mau bikin HAJAT!!!….hajatannya ; KERJA BAKTI BERSIH LINGKUNGAN ( TAMAN2 YANG ADA SELOKAN, BEKAS PUING2 BANGUNAN )……….
    SIAPKAN WAKTU, TENAGA DAN HARTA ( YAA SEKEDAR MAKAN2AN KECIL & MINUMAN ..IKHLAS DOOONG…)

    TUNGGU INFO SELANJUTNYA….

    ( maap nih ngelewatin HUMAS….hik..hik..hik…)

  2. usul nih pak rt, dalam rangka mengurangi pemanasan global untuk lahan di sepanjang pinggiran kali wilayah kita ditanami jarak pagar
    selain fungsinya sebagai pagar dan penahan tanah longsor, buahnya dapat digunakan sebagai energi alternatif,
    nantinya bisa kita jual untuk mengisi kas rt, atau bisa digunakan sendiri bila gas langka di pasaran, hehehe…
    cara menanam dan pemeliharaannya sangat mudah, dibiarin saja nanti tumbuh sendiri
    ok, mungkin ada tanggapan dari warga yg lain, monggo..

  3. ide yang bagus Pak Ali.. siapa tahu bisa lahir penemu green energy dari Rt 05 dan menjadi alternatif lain dari Blue energynya Joko Suprapto yang katanya menghilang itu…he..he..

  4. bukan main idenya cak ali ini…tp maap banget ane belum tau wujud bentuk tuh poon….diatur aja sama penguasa kebon2 kita ( pa Yuli )…MANTAP ..TETAP SEMANGAT

  5. Dear all….

    Dalam rangkan piala eropa 2008…dimana layer tancep akan terus berkibar ( khususnya malem sabtu & malem MInggu ) dibawah komnado DEPPORASEN…gimana kalu pada salah satu hari tsb ( MINTA USULAN TGL. NIH )..kita undang warga2 juga ( bapak/Ibu ) untuk nonton….TAPI sebelumnya pada jam2 abis isya deh..KITA NGOBROLIN rencana untuk bikin acara 17an diwilayah kita..ya bentuk pantia kecil lah untuk acara 17an…koordinator tetap dari Dept. Pemuda – Olah Raga & Seni…karena waktunya semakin dekat perlu persiapan2..( khususnyha pendanaan )….syukur2 banyak yang kasih masukan ( baik dana, hadiah , dll)…amien…

    Nah giman nih rekans….tolong ya responnya…

    ada ide tgl. 21 Juni 2008 malem ( kalu dulu dibilangnya Malem Muda – Mudi ..jelang HUT Jakarta )..gimana ??

    Thanks guys…

    Wassalam

    051

  6. KEKHUSYUK”AN TARAWEH TANGGUNGJAWAB BERSAMA.

    Bulan Ramadhan yang menjanjikan banyak bonus tinggal setengah lagi. Tapi hingar bingar anak-anak berlarian di dalam masjid Baitul Muttaqin masih saja tidak berkurang seiring berkurangnya jamaah Taraweh.
    Mengajak anak-anak ke Masjid merupakan pendidikan yang baik tapi harus dibarengi dengan memberikan pemahaman bahwa ada adab masjid yang harus dijalankan.
    Para orangtua hendaknya berada berdampingan dengan anaknya pada satu shaft agar bisa mengawasi. Kalaupun sang anak tidak bisa ikut sholat secara penuh 11 rakaat, hendaknya dia tetap duduk di posisi samping ayah atau ibunya.
    Sebelum berangkat ke masjid berilah anak-anak kita pakaian yang Islami tapi tidak perlu mahal. Dengan pakaian yang beda dengan pakaian main semoga tumbuh pengertian bahwa ke mesjid itu tidak sama dengan main.
    Pengurus masjid jangan bosen mengingatkan agar anak-anak tidak berlarian atau bercanda selama sholat taraweh. Hal ini bisa disampaikan sebelum sholat.
    Imam sebagai komandan hendaknya juga bisa tahu kondisi barisan di belakangnya. Jika masih ada anak-anak yang perlu diingatkan agar mengingatkannya jangan seperti masinis kereta api.
    Kepada orang tua yang sebenarnya tahu kelakuan jelek anaknya di masjid hendaknya berempati bahwa ada warga yang sengaja dari kantornya di Jakarta mengejar waktu untuk sholat taraweh di lingkungannnya tapi dia tidak mendapatkan ketenangan sewaktu sholat. Dia bisa saja sholat ditempat lain tapi dia juga ingin meramaikan masjid Baitul Muttaqin. Apalagi sampai hari ke-15 jamaahnya tinggal satu setengah shaft ( laki-laki ). Tolonglah Bapak atau Ibu menertibkan anaknya atau tinggal saja di rumah agar tidak merugikan jamaah lain.
    Mohon pengelola Blog ini bisa menyampaikan tulisan ini kepada semua pihak terkait. Wassalam

  7. Terima kasih atas saran dan masukannya Pak, jangan segan-segan untuk sering berkunjung di blog ini untuk ikut berpartisipasi. Semoga lingkungan kita akan terus menjadi lebih baik. Amin.

    wassalam
    a/n Humas0514

  8. Pak RT dan Pengurus Yth,

    saya warga baru di Perumahan Jatijajar ini, baru pindah dari Ciracas, saya tinggal di Blok E15 no 25, mohon maaf belum sempat lapor langsung,
    Nama : Erland Evriansyah
    Pekerjaan : Karyawan Penerbit Erlangga
    Istri : Ira Wisudhawanti
    Pekerjaan: Staff PT Persada
    Anak: Achmad Rizqy Rasya Arrivai (Rasya)
    Pengurus Rumah: Rini
    Demikian yang bisa disampaikan, terima kasih

    wassalam

  9. Selamat Bergabung di komunitas Rt 05 Pak Erland. Media ini menampung curhat warga, sumbang dan saran atau sekedar say hello sesama warga. Kecuali pinjam uang, tidak dijamin bisa..he.he..

    Btw, alamat Pak Erland di Blok E-15 apa 13 ya ?
    Soalnya E-15 itu setahu saya di RT 02/14.

    Trims atas kunjungannya.

    Heri Purnomo
    Admin

  10. Selamat datang di Jatijajar Pak Erland. Jangan lupa bila sempat segera sowan ke Pak RT di Blok E21 buat ngopi bareng sama beliau (kalo lapor mah efek samping doang, he he he)

  11. Selamat datang & selamat bergabung di 05 pa erland …….. mudah2an betah tinggal di 05 jatijajar…. hari sabtu or minggu ajaklah jalan2 istri dan anak bapak ke taman 400 dong…( salah satu taman yng cukup rame di rt kita.. tempat bermain anak2 dan tempat ngobrol bapak2nya..)
    nah rumah saya deket situ tuh …saya tunggu kunjungannya di rumah saya … sekalian lapor ok..he..he..he…..( Just kidding bos )

    wassalam

  12. Kebijakan Buka Tutup Pintu
    DILEMA : EFEKTIFITAS VERSUS KREATIFITAS

    Matahari pagi sudah menampakkan dirinya ketika kejadian ini saya amati. Sepasang suami-istri kecewa balik arah masuk kembali ke arah taman di depan Pos 400. Dugaan saya keduanya warga perumahan Jatijajar ( diluar RT. 05 / 02 ) yang sedang jalan pagi. Maksud hati ingin keliling mengitari jalan ke luar perumahan tapi mereka dapati pintu tertutup. Kurang beruntung !

    Pagi beberapa hari sebelumnya, ketika matahari masih malu-malu menyinari perumahan Jatijajar. Satu demi satu perempuan dewasa, lewat di jalan kecil setapak samping rumah dengan pagar warna kuning hijau. Mereka datang dari arah luar Perumahan Jatijajar. Posisi saya berpapasan dengan perempuan yang jalan terakhir. Ketika sudah melewatinya saya tepat berada di pintu besi. Saya coba buka pintunya, tapi terkunci. Saya merenung sebentar : dari mana mereka tadi lewat ? Saya berbalik mencari jalan lain.

    Beberapa hari kemudian, tidak sengaja saya ketemu dengan perempuan yang saya kenali berpapasan di jalan setapak dekat rumah dengan pagar kuning hijau. Ternyata dia pembantu rumah tangga di salah satu rumah di lingkungan RT saya. Dari omong-omong, ternyata setiap pagi di bisa menembus pintu besi tertutup dekat Pos 400 dengan cara masuk ke kolong jembatan kecil di samping pintu dimaksud. Kira-kira begini, turun kekali kecil lalu jalan menunduk dibawah tembok, setelah itu naik memanjat dinding tembok kali hingga sampai di jalan setapak.

    Kreatif biasanya timbul karena kepepet untuk memenuhi kebutuhan.

    Dalam pikiran saya, ibu-ibu saja bisa apalagi laki-laki yang kepepet untuk jadi maling. Efektifkah kebijakan buka-tutup ?

  13. Sedikit komentar bro,
    Tanpa bermaksud mendebat hanya sekedar berbagi curhat di sore hari yang agak bersahabat ini…
    Sungguh bukan sebuah keputusan yang tanpa pertimbangan panjang mungkin apa yang telah diberlakukan oleh teman2 di keamanan… karna bukan juga hanya teman2 pengambil kebijakan yang secara langsung merasakan dampak dari jam buka tutup dari jalan setapak dekat pos 400… pastinya seluruh warga RT.05 pada khususnya dan warga sekitar pada umumnya.
    Ketika kita memandang dari persepsi para yang dibantu & yang membantu… dimana dalam hal ini juga akan terkait pada mata rantai & lingkaran tentang “pemenuhan kebutuhan hidup”… pastinya kita akan berfikir sesuatu yang mudah dan sederhana ke arah EFEKTIFITAS. Apalagi kemungkinan-kemungkinan timbulnya kreatifitas (demi memenuhi kebutuhan hidup) yang nampak masih positif (walau bukan mutlak positif) sudah ada di depan mata dan terjadi seperti yang diceritakan oleh brother Imam di atas.
    Sejenak saya berpikir (mungkin sebuah rasa kritis yang berlebihan dan saya terlebih dahulu minta maaf akan hal itu) … mengapa tidak kita tegur/peringati para pekerja rumah tangga yang demi KEBAIKAN mencoba melewati pagar dengan cara demikian? bukankah itu juga menjadi contoh bagi para pihak yang mungkin karena ada kesempatan… akan melakukan hal yang sama demi KEJAHATAN? Dimana ketegasan kita akan hal itu?
    Pengalaman di wilayah blok E21 tempat saya tinggal menjelaskan, bahwa dengan adanya akses dari daerah sekitar dan tanpa adanya pengawasan yang ketat dari semua pihak hasilnya adalah KECEMASAN !
    Dengan adanya jam buka tutup saja, belum ada jaminan bahwa semuanya akan aman… lantas bagaimana bila tidak ada jam buka tutup?
    Sejauh apa yang kami rasakan, dengan adanya kebijakan buka tutup… kendali pengawasan menjadi sedikit lebih teratur (terlepas dari beberapa kekurangan yang mungkin masih terjadi) dan harus lebih dimaksimalkan.
    Kalau boleh, bahkan melalui media ini saya mengajak rekan-rekan sekalian untuk mencoba lebih mentaati aturan-aturan yang telah diterapkan tanpa memandang bulu dalam pelaksanaannya. Dengan sedikit mentaati jam buka tutup & mengorbankan tenaga (dengan cara menempuh jarak yang lebih jauh tentunya) jika memang pintu dalam kondisi terkunci (-> bukan malah mengakali), karena dengan kepatuhan, ketertiban & pengorbanan lah diharapkan segala sesuatunya bisa menjadi baik.
    Saya yakin kita bisa.

  14. Kalo saya ngeliatnya malah bila telah kita “ketahui bersama” bahwa pintu yang terkunci masih bisa tembus (misalnya dari kolong), berarti keamanan harus bisa menutupi celah itu dan memastikan tidak ada celah lagi yang dapat ditembus. Karena pada dasarnya pintu itu untuk menghalangi orang2 yang punya niat negatif.
    Peringatan kepada penerobos terkendali (servants, maksudnya) sebaiknya tetap dilakukan, namun sifatnya sementara hingga selesainya penyempurnaan pintu.
    Maaf bila kurang berkenan

  15. Bapak2 sekalian ..terima kasih atas segala pendapat/komentarnya, yang kami yakini ini adalah bentuk perhatian dari kita semua selaku warga RT. 05 terhadap lingkungan kita.

    Sebagai informasi untuk bapak sekalian, diberlakukannya Jam buka /Tutup Pintu gerbang baik yang di Pos 25 ( depan ) dan Pos 400 ( belakang ) adalah sebagai bentuk antisipasi kemanan terhadapa keluar masuknya setiap orang/kendaraan ke wilayah kita. dan baru diberlakukan sejak bulan Oktober 2008.
    Sosialisasi hal ini baik ke warga maupun warga Tetangga dari Kampung Sebelah ( yg punya kepentingan ditempat kita ) sudah dilakukan sejak awal…dan banyak dari mereka sudah memahaminya & mengerti kenapa bagian keamanan RT. 02 & 05 memberlakukan ini.
    Anggota keamanan & Pengurus RT 05 juga sudah memberi peringatan/teguran kepada “MEreka” yang kebetulan terlihat masuk / keluar melalui jalur air tsb. Kami ingtakan kepada mereka selain masalh aturan juga mengani faktor keselamatan mereka sendiri.

    Seperti kita katahui selama ini ( sebelum diberlakukannya jam buka tutup tsb ) cukup banyak keluhan dari warga RT> 02 & RT. 05 dengan melihat begitu banyaknya orang yg hilir mudik melalui ke 2 pintu tsb.( pintu pos 400 baru ditutup jam 20.00) sementara anggota kemanan kita harus terus berputar/patroli di 2 wilayah yg cukup luas. sehingg tidak memungkinkan untuk standby terus di satu pos ( khususnya di pos 400 ). sampa dengan terjadinya beberpa kejadian pencurian.

    INGAT : KITA BUKAN MENCURIGAI WARGA TETANGGA TAPI SEBAGAI BENTUK ANTISIPASI DARI SEGALA KEMUNGKINAN!!!

    Mengenai adanya tindakan dari “beberpa orang” yang masuk ke dalam perumahn melalui “jalur ari Pos 400” saya rasa kita bisa menilai itu tindakan salah apa benar dan apa perlu ditiru ?…yang jelas itu BERBAHA BAGI KESELAMTAN MEREKA!!!

    Memang ada rencana dari kami pengurus RT. 05 bidang keaman & lingkungan untuk menutup jalur tsb. namun BELUM SAAT INI, karean faktor biaya kami blm sanggup melakukannya.

    Saya berharap, kita semua khusunya Warga 05 dapat membantu pengurus RT.05 khususnya Bagian Keamanan, untuk senantiasa mengingatkan/menegur
    kepada “mereka” yang kebetulan selalu melalui akses pintu tsb. untuk SANGAT memperhatikan jam buka/tutup pintu, dan tolong diingatkan untuk tidak memalui Jalur Air tsb.

    Demikian ..terima kasih atas perhatiannya…

    051

  16. Assalamu Alaikum…

    sekedar info aja, hujan deras akhir2 ini sudah banyak membuat prasarana jalan2 dan selokan diperumahan kita banyak berlubang. salah satu contohnya adalah pembuangan air ke kali di E13 sudah mau jebol.. tanah yang menahan cor sudah longsong. aliran air dari selokan arah E13 genap tertahan karena kalah deras dengan aliran air dari selokan dari arah toko rizki..sehingga menyebabkan banjir/meluap kejalan saat hujan deras… saya dan pak ridwan sudah membuat pembuangan langsung ke kali tp rasanya kurang cukup untuk membuang air saat deras.. Mohon perhatian pengurus RT05 untuk masalah ini, saya usul untuk kita adakan kerja bakti lagi membersihkan kali kita karena banyak sekali sampah yang nyangkut akibat hujan akhir2 ini. terima kasih.

  17. Tenang aja bos, aspirasi langsung direspon bahkan sebelum ente posting, karena kita emang dah mau ngajakin kerja bakti hari minggu besok tanggal 1 Feb 09 jam 7.00. See u on the spot yak!

  18. Untuk Para pengurus Rt05,

    Saya ingin menginformasikan bahwa pada tanggal 28 Mei 2009, penjaga anak saya dirumah terkena DBD. Saat ini Alhamdulilah sudah pulang kerumah dan trombosit sudah naik lagi tapi sempat mimisan dan membuat saya panik juga.
    Saya ingin usul bagaimana klo di adakan penyemprotan/ foggging lagi secepat mungkin karena mengingat ternyata sudah banyak yang terkena DBD di lingkungan RT02/05 akhir2 ini.
    Mohon kiranya untuk ditindak lanjuti agar keluarga kita terbebas dari penyakit DBD yang sedang mewabah di lingkungan kita. Terima kasih

    Teddy (E13/4)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s